RESUME MOMISTUDY #9

72712345-e079-4907-9ae4-bbc43ee15e0b

SHARING SESSION WITH PUTY PUAR:

“WORKING-FROM-HOME-MOM: RUMAH TERJAGA KARIER TERLAKSANA”

RABU, 5 SEPTERMBER 2018

19.00-21.00

PUTI KARINA PUAR – @BYPUTY

ISTRI, IBU, BLOGGER, ILUSTRATOR, PENULIS BUKU


PENGANTAR

MODERATOR

Haaii, selamat malaam Mommies! Salam kenal, saya Dori, moderator Momistudy malam ini 🤗

Terimakasih antusiasmenyaa 👏🏼👏🏼👏🏼 Terimakasih juga Mom Puty sudah berkenan hadir 😍

Topik sharing session kita kali ini adalah ibu yang bekerja dari rumah, istilah bekennya working-from-home mom (WFHM) atau working-at-home mom (WAHM). Kita anggap sama yaa dua istilah itu 😁

Kalau dibayangkan kayaknya jadi WAHM tuh ideal banget ya buat kita para ibu.. bisa aktualisasi diri, dapat pemasukan, tapi tetep bisa sambil ngurusin anak & rumah. Nggak perlu macet2an di jalan. Plus bisa kerja sambil pake daster & nggak perlu mandi dulu 🤭🤭

Tapi bener sesuai ekspektasi gitu nggak ya? Habis ini kita akan denger sharing dari narasumber kece kitaa…

NARASUMBER

Jadi WAHM ini seperti yang sudah dibilang termasuk pilihan yang terdengar ideal… terutama karena didukung oleh era digital ini. Bisa ngurus anak, bisa kerja juga… padahal sebetulnya tetap saja banyak tantangannya.

Aku pribadi nggak punya materi presentasi untuk dibagikan karena semua2nya dari pengalaman pribadi. Silakan yaa ibu momod kalau mau langsung pertanyaan2 pancingan. Insyaallah kalau bisa jawab akan aku jawab 😁


SESI TANYA JAWAB

1

Nama: Aleeyah
Usia: 40th
Jumlah anak & usia: 3, usia 18, 16, 14
Pertanyaan: Tips untuk memulai menjadi seorang WAHM?

Wah anak2nya sudah besar2 ya Mbak 😊 Tips dari aku untuk memulai:
1. Kenali apa yang mau dan mampu kita kerjakan.
2. Usahakan ini adalah kerjaan yang kita bisa enjoy. Jangan yang tambah bikin stress. (Misal ga suka masak, eh buka katering 😂)
3. Bicarakan dengan keluarga terutama pasangan. Minta support dan restu karena pasti akan mengurangi kadar perhatian.
4. Kita bukan wonder woman! Minta bantuan jika perlu. Entah itu bantuan untuk urusan rumah atau urusan kerjaan.

Terima kasih, Mom … tipsnya. Im a single mom, sblmnya saya sempat bekerja, dan mengabaikan ‘curhatan’ anak bungsu saya, saya pikir hanya keluhan biasa yang akan ‘lewat’ begitu saja, kemudian saya memutuskan untuk resign, dan saya stuck, tiba-tiba harus memulai dari mana. 💛💛

Semangat Mom ❤ Coba yang kira2 Mom bakal suka aja dulu. Kalau belum tau apa yang Mom suka, setidaknya coret yang Mom ga suka. Misalnya aku: aku pasti nyoret opsi bikin katering itu tadi. Karena bisanya masak indomi 🤣🤣

2

Nama: Nila
Usia: 25th
Jumlah anak & usia: 2, usia 4th, 15bln
Pertanyaan: Mba puty, bagaimana biasanya mengatur deadline kalau anak lg nyari perhatian seharian?

Kalau menjelang deadline, aku minta tolong Mbak atau orang tua untuk bantu jaga atau ajak main. Sekali lagi: jadi WAHM bukan artinya jadi wonder woman 😄 kita tetap butuh bantuan. Lalu apa bedanya dong sama working mom kalo anak dititipin juga? Tentu menghemat waktu untuk dandan, waktu macet2an, dll. Intinya menurut aku kerja di rumah nggak secapek kalau macet2an ke kantor. Jadi waktu untuk keluarga lebih banyak dan mood lebih bagus 😊

Biasanya sy juga minta bantu ortu mba, cuma kadang anak maunya nempel ibunya😁 makasi penjelasannya Mba Puty.

Oh iya 😂 itu sama kok… gapapa.. kita tetep harus kasih anak pengertian. Kadang harus tega juga kok.. hehehe.. apalagi menjelang deadline. I feel you 🤣

3

Nama: Silvia
Usia: 25
Jumlah anak & usia: 1 & 3months
Pertanyaan: hi mom, saya baru 1 bulan ini menjadi working from home mom di salah satu perusahaan multinasional. Alhamdulillah karena boss saya orang luar saya hanya perlu pergi ke kantor untuk rapat dengan tim di Jakarta sebulan sekali. Kadang suka merasa jadinya setengah2, di rumah tidak bisa fokus kerja (pernah conference call sambil nyusuin 😅) tapi jika kerja di kantor pasti kepikiran anak. Jadinya malah double capeknya, capek pikiran dan cape fisik juga. Apakah ada tips dan trick untuk menghilangkan mindset tersrbut?

Ini menarik dan penting 😊 Banyak orang yang nanya: “gimana sih mbak time management untuk ibu-ibu?” Padahal selain time management ada yang lebih penting: GUILT MANAGEMENT Sebagai ibu, apapun pilihan kita, menurutku nggak akan ada yang 100% ideal kok. Jadi rasa bersalah itu PASTI ADA. Kita yang harus memanage rasa ini. Jadi ibu bekerja, merasa bersalah ninggalin anak. Jadi ibu rumah tangga, tetep merasa bersalah ga bisa nemenin anak karena ternyata sibuk juga kerjaan rumah tangga. Jadi WAHM, berasa bersalah juga kok ya katanya mau kerja di rumah demi anak, eh menjelang deadline marah2 melulu 🤣🤣🤣. Intinya rasa bersalah ini nggak ada abisnya. Kuncinya: yakin sama pilihan sendiri. Apalagi kalo udah dapet restu keluarga 😊

Wah bener banget mom baru tau kalau ada guilt management ❤❤ thanks banget ya atas pencerahannya 😭😭 Nah mom, kalau sebelumnya kan saya kerja di kantor dr jam 8-5, karena skrg di rumah jadi agak susah, kadang baby nangis dan malah jadi pengen main ujung2nya kerjaan terbengkalai. Cara adaptasi dr kerja yg strict agar menjadi lebih flexible dan fokus gimana ya mom time mangementnya?

Sebetulnya memang ini bagian yang paling tricky. Kita pengen jadi WAHM kan supaya fleksibel ya ibu ibuu? 😆 Jadi kalau dulu waktu anakku baby, aku kerjanya nunggu dia tidur. Nah tapi makin kesini, aku udah bisa kasih pengertian kalo aku di ruang kerja, aku lagi kerja. Ga boleh ganggu unless ada emergency. Jadi kesimpulannya: jadi wahm itu bukan harus strict sama jadwal sehari2, tapi lebih ke pinter2 efisiensi waktu. Kapan waktu kosong, harus langsung digunakan. Jadi….. unfollow dulu itu yaaa lambe2an 🤣 soalnya itu yang sering bikin kita ga efisien.

Sudah mom, thanks a lot Mba Puty ❤❤❤ tau aja suka buka lambe2an 😜 hihi

4

Nama: Marta
Usia: 29th
Jumlah anak & usia: 13bln
Pertanyaan: Mba Puty kadang saya ngerjain kerjaan lemburan malem2 kl baby udah tidur biar bisa fokus dan cepet tanpa diganggu, walaupun siang udah nyicil2 tapi tetep kepikiran kalo belum beres akhirnya memutuskan lembur. Eh.. tapi malah ngantuk karena seharian aktivitas sama baby yang super duper aktif, minum kopi besoknya flu malah gak fit kalo tidur deadline makin sempit makin ditunggu2 sama klien. Jd galau.. Ada tips gak biar bs tetep lembur tapi setrong? Wkwk

HAHAHA USIA GA NGEBOONGIN YA MOM 🤣🤣🤣 aduh samaan koook aku juga belakangan ga kuat begadang. Begini menurutku: kesehatan itu aset utama. Kalau kita sukses jadi WAHM tapi sakit2an bukankah itu ga baik? 😊 Kalau memang kita sampai sakit, berarti itu sudah mencapai limit, Mom. Sesekaliiiii kalau memang terpaksa, ya boleh lah di limit 😂 tapi berarti pola hidup seperti itu nggak bisa kita pakai sehari2.

Jadi gimana? Be realistic. Kita kecapekan. Jadi either kerjanya dikurangi, atau kerjanya dipindah ke siang lalu anak kita titipkan. Yang penting adalah: inget purpose & prioritas kita apa 😊

Yoii mom emang usia gak boong. Jaman kuliah mah biasa begadang, jaman emak2 tidur udah deh drpd sakit 🤣 . Siap Mba Puty thanks sarannya bener sih eamang harus ngurangi kerjaan biar gak sering loyo.

5

Nama: Rike
Usia: 28th
Jumlah anak & usia: – (masih 27week)
Pertanyaan: Bagaimana Mom Puty, memulai karir di rumah, karena rumah kan zona nyaman sementara karir itu kan banyak tantangannya, termasuk memanage diri sendiri (belum kalo sudah pakai daster itu rasanyaa hari cepat berlalu ). Maaf yaa Momod Dori saya terlalu excited dan belum ada pengalaman jadi WAHM (baru terpikir waktu hamil ini) 😔

Ini aku ada beberapa tips pribadi dan langkah 😊:

1. Set goals. Always. Tentukan di awal: kita mau jadi WAHM tapi ingin kerjaan kita sesukses apa. Misal mau jadi penulis, tentukan mau targetnya nulis berapa artikel, berapa buku, dll. Mau jadi pengusaha: set target mau revenue berapa.

2. Setelah set goals, set priority. Makin banyak goalsnya, makin rumit ngatur prioritynya 😊

3. Bikin perencanaan based on goals & priority.

4.Be efficient with your time. Kalau udah punya perencanaan, try to stick with it.

5. Be flexible. Kalau memang ga bisa berjalan sesuai rencana, update your goals, update your priority.

Ada 2 syarat sesuatu bisa dijadikan goal ya Moms:
1. Achievable.
2. Challenging.

Alhamdulillah tercerahkan 😇
Ada tips ngga ya mom, buat memutuskan bidang tertentu untuk ditekuni jadi WAHM pemula, apa harus dibanting dulu beberapa kali baru menemukan mana yang bisa dijadikan karir WAHM atau follow passion aja ngga peduli sesusah apa nantinya (saya kebetulan punya beberapa hobi dan alhamdulillah jalan, tetapi kadang tergiur pingin coba-coba yang lain, belum kalo tetangga nawar²in kreditan daster mom 😅)🙏🏻

Kalau menurut aku harus dicoba dulu Mom 😄 kadang ada yang sesuai passion tapi ga menghasilkan… kadang ada yang ga passion2 banget tapi masih feasible, tapi ternyata menghasilkan… hehehehe 😆 Tapi ituuu… jangan dicoba langsung semua… coba satu satu dulu yaaa kalau saranku hehehehe

6

Nama: Sisi
Usia: 28th
Jumlah anak & usia: 1 anak; 23bulan
Pertanyaan: Lebih ke pengen tau..kalo anak tidur, aku suka galau, nyuci dulu? apa buat kerja? apa makan? ama ikut tidur? apa apa apa ya..karena misal pilih kerja, pas lagi asik..anak bangun rasanya gimnaaa gitu. Terus misal waktu dipake nonton/tidur jadi nyesel kenapa ga kerja aja? kenapa ga ini itu? mungkin lebih keatur emosinya sih… kebetulan lagi ga ada mba..jd aku lelah… mohon pencerahannya buk..

Halo Sisiii.. ini berkaitan sama jawaban sebelumnya yaa.. soal priority. Kadang kita suka bingung mau ngapain dulu, karena kita nggak punya goals dan susunan priority yang mantep. Soal bisa disiplin itu urusan nanti. Tapi coba diingat apakah sudah punya goals, priority & perencanaan yang jelas belum? 😊 Karena itu seperti jadi acuan kita. Karena kalo di rumah kita adalah BOS dari diri sendiri. Kita juga yang harus set KPI kita sendiri. *KPI = Key Performance Index 😊

Hai Mba Puty! hehe iya sih… aku emg bukan org yang biasa bikin schedule, karena kadang yaaa suka bingung atur guilt management nya kalo tiwas bikin target/rencana ga terlaksana. kzl nya itu lho…thanks ya! kayaknya emang harus belajar atur esmos deh..

Kalau memang belum sesuai rencana gapapa… berarti rencana ke depannya bisa kita evaluasi 😊 Tips untuk guilt management: Pikirkan apa yang sudah kita kerjakan. Bukan apa yang belum 😊

7

Nama: Syarifani
Usia: 29 th
Jumlah anak & usia: 3 dan 2 tahun, 6 bulan
Pertanyaan:
Share dong schedule hariannya, waktu kerja dibatesin berapa jam? Sounding ke anak kalo Kita lagi kerja ga boleh diganggu berapa lama?

Schedule harian: Pagi anak belum bangun, subuhan, anter suami kerja sampai pagar, lalu mulai kerja. Anak bangun, mandiin dan suapin kalau sempat. Lalu kasih ke mbak. Aku kerja lagi. Sampai siang aku cuma ngelonin dia bobo siang. Berenti kerja pas suami pulang.Jadi aku space kerjanya di atas. Kalau aku di lantai atas berarti anak ga boleh ganggu 😄 tapi kadang aku turun untuk istirahat ajak dia main 😊

Jelas mom, makasih yaa.. berati pas suami libur kerjanya juga libur yaa

Betull.. makanya aku lebih suka kalo workshop atau event attending pas weekdays 😂 biar suami ga cemberuttt

8

Nama: Liyo
Usia: 26
Jumlah anak & usia: belum ada.
Pertanyaan: Saya belum punya anak Mb. Tapi uda kerja dari rumah. Aku yang belum punya aja, kadang kebingungan ngatur kerjaan rumah sama kerjaan yang mau di kerjain. Suka keburu capek duluan. Yang mau aku tanyakan, komunikasi sama suami gmn ya soal pekerjaan rumah atau pengasuhan anak ini? Sering merasa ga enak, karena kerjaan domestik suka ga di anggap bekerja dibandingkan suami yang kerja kantor. Padahal capeknya sama aja.

Mbak Liyo punya ART kah?

Ga punya Mb. Aku kerjain sendiri, semuanya

  1. Perasaan ga enak ini sudah diobrolin atau masih berdasarkan asumsi? 😌 kadang sebenernya suami sadar kok kalo kerjaan domestik itu REPOTTTT…
  2. Kerjaan kita sebagai WAHM memang kadang harus ikhlas kalau kurang dianggap sama suami.. atau ya dianggap sekedar cari uang jajan. Ini harus ikhlas dulu ya Moms… 😂 kalau mau dianggap, kita bisa masukkan rata2 pemasukan kita ke budgeting rumah tangga 😊

Kalau pengalamanku, pemasukan aku memang banyak untuk jajan keluarga 🤣 tapi aku suka bilang “Bi yuk kita makan enak di luar.. invoice aku dari XXX baru cair.” Cieee… Nraktir keluarga gituuu… Biar suami juga makin mendukung 🤣🤣🤣🤣🤣 Intinya ya bener. Komunikasi dan transparansi sama suami. Boleh kok kalau bersepakat uangnya untuk kita. Tapi usahakan suami tau. Setidaknya biar ga menganggap kerjaan kita sepele. 😌

Sadar sih. Tapi aku juga kadang jadi ga enak kalau dia bantuin. Sama hasil kerjanya juga sih, ga sesuai yang aku inginkan 😬 Oke deh Mb.

Menurutku sih kalau sama suami jangan banyak berasumsi. Langsung omongin aja. Kadang kita berasa ga enak, takut dia capek ikut bantuin. Eh ternyata suami juga diem2 aja karena takut dikritik sama kita nyuci piringnya ga bersih keset 😂 Lalu kalo aku pribadi emang jarang melibatkan suami untuk urusan domestik. Aku delegasikan ke mbak 😊Kasian udah jauh bekasi jakarta bekasi masa disuruh nyuci piring 😂

9

Nama: Nihaya
Usia: 24
Jumlah anak & usia: expecting mom, due date november
Pertanyaan: mba puty, kalo working from home tentu ada beberapa benefit yg tidak bs didapat seperti kerja kantoran biasa, misal: medical terutama untuk anak lumayan penting. Gimana caranya bisa tetap memberi fasilitas kesehatan yg baik utk anak walau bukan kerja kantoran? Kebetulan saya saat ini kerja di perusahaan asuransi, jd benefitnya bikin keluarga menyayangkan kalau saya resign dan kerja rumahan. Hehe.

Kebetulan kalau aku pribadi, benefit kesehatan dari suami yang kerja di BUMN. Nah selain time management dan guilt management, manajemen keuangan ini penting sekali untuk direncanakan dan didiskusikan dulu dengan suami. Apakah bisa kalau pemasukan tetap dari suami dialokasikan sebagian untuk asuransi kesehatan? Sebagai kompensasinya, pengeluaran tersier tak rutin seperti liburan jadi ‘bagian’ kita yang WAHM.

Ok berarti kuncinya diskusi ya untuk nemuin win win solution nya😊 karena kadang ngejar passion dan ekonomi itu ga sejalan he he.Terima kasih mbak puty.

10

Nama: Rizky
Usia: 26
Jumlah anak & usia: 1, 5bln
Pertanyaan: mom sy memang bercita-cita punya usaha sendiri dirumah, tapi memulai bisnis itu bener2 menyita waktu (terutama utk riset dan sampling). Ini sj sy usaha olshop tipis2 aja kyknya lebih sering ceki2 hape 😅 Baiknya anak umur berapa ya mom kita bisa fokus mulai usaha?

Tiap tahun tumbuh kembang anak ada tantangannya sendiri Mom 😂 kesusahannya beda2… jadi memang menuntut disiplin & fleksibilitas yang tinggi jadi WAHM ini. Tipsnya ya tadi:

1. Pinter2 curi waktu

2. Gunakan waktu2 yang dicuri dengan efesien

3. Jangan tunda2 kerjaan

Kalau punya OL shop saranku sih via marketplace aja kali yaa.. jadi kita lebih bisa ngatur kapan mau cek orderan. Kalo manual emang makan waktu banget moms. Aku memahaminya 😂

Iya mom, terutama kalau mau scale up, takut kurang perhatian ke anak jadinya 😞 tp bener juga kalo kita bukan wonder woman, mungkin mulai bisa dipikirkan utk hire admin gitu ya mom kalau susah curi waktu

Betul. Sebetulnya kalaupun mau scale up, berarti kita butuh bantuan di bisnis kita kan 😊 biar kita, dengan waktu yang segitu2nya bisa mikirin hal2 yang lebih strategis. Aku pribadi pernah ngejalanin bisnis jualan. Mungkin ada yang tau Fat Bunny? 😆 Saat ini aku memutuskan untuk istirahat dulu dan fokus ke hal2 yang jaid prioritas. You can’t have it all intinya mah 😁 memang harus ada yang dikorbanin. Ini pentingnya goals dan setting priority.

11

Nama: Niken
Umur: 29th
anak: 6 bulan dan 2th10bulan
pertanyaan:
Mam.. terkait financial management, sebagai WAHM minta tips utk pengaturan uang pribadi dan bisnis dong.. kadang suka nyampur2 di rekening hehe jadinya susah sama bedain uang masuk dr hasil usaha eh terus dibelanjain buat olshopan 🤦🏻‍♀😅 *lah

Keuangan:

1. Rekening bisnis dan rumah tangga WAJIB dipisahkan. Wajib jib jib jib jibbbbb….

2. Selalu catat pemasukan WAHM kita dengan tertib. Jadi kita tau dalam setahun kita bisa dapat berapa rata2 sebulannya.

3. Kalau sudah tau kita sebagai WAHM rata2 dapat berapa, boleh dibudgetkan berapa yang mau kita ‘kasih’ untuk uang belanja rumah tangga, berapa untuk kita jajan, dan berapa untuk ditabung

Selalu punya tujuan finansial ya ibu2… udah pada punya target finansial belum? Misal dana pendidikan anak? Dana haji kalau yang muslim? Dana pensiun?Nah ini dicatet dulu ya buibuuu

12

Nama: Azka
Usia: 27
Jumlah anak & usia: 1 (2 thn)
Pertanyaan: gimana cara hilangkan kebosanan dan rutinitas menjadi WAHM? atau saat suntuk dan jenuh sama kerjaan yg ga abis2. Biasanya mbak puty ngelakuin apa? Kasih tips dong buat ini 😄

Beberapa tips:

1. Ketemuan sama teman

2. Melakukan hobi, olahraga seni baca buku 😁

3. Ke salon kalau suka

4. Window shopping

Tapi menurutku intinya me time… harus sejenak pisah dulu dari anak. Kadang nitipin anak itu perlu 😁

Kalau disaat ga ada yg dititpin tetep bisa ngelakuin aja ya mba?

Kalo ga ada yang bisa dititipin berarti tunggu anak tidur Mbak. Kalo aku sih sukanya baca buku hehehe 😁 atau curi2 nonton rom com 😁


 

PENUTUP

MODERATOR

Meringkas diskusi kita tadi, setidaknya ada beberapa poin penting yg harus kita pertimbangkan yaa mom:

1. Tentukan tujuan pribadi. Know your passion & your limit.
2. Atur rutinitas & prioritas (time management)
3. Guilt management
4. Komunikasi & transparansi dengan suami
5. Financial management

Naah tips lengkapnya bisaa baca2 di blog mom puty told.byputy.com di sana lengkaaapp sharing tentang WAHM 😍

NARASUMBER

papun keputusan kita untuk jadi WM, WAHM, SAHM, kita semua TETAP FULL TIME MOM. Aku yakin kita selalu 100% akan kasih yang terbaik untuk keluarga kita, anak2 kita, dll. Namun kondisi setiap keluarga, cara tiap ibu, kelebihan dan kekurangannya itu beda2. Apa yang tampak ideal di orang lain, belum tentu yang terbaik untuk kita 😊

Makanya apapun keputusan kita, kita harus ikhlas. Nggak boleh banyak merasa bersalah (inget guilt management), karena nggak ada yang sempurna 😊 Kalau ada ibu2 di Instagram yang tampak sempurna, mungkin ada effort2 luar biasa yang nggak ditunjukan ke kita 😊

Terima kasih Moms Moms semuaa ❤ Mohon maaf banget kalau ada penjelasan yang kurang berkenan, terkesan sok tau atau gimana ya Momss.. saya juga masih belajar dan masih jauh dari sempurna 🏂❤ Namun percaya deh.. kalau saya suruh unfollow lambe-lambean, itu beneran ningkatin produktivitas 🤣🤣🤣

Leave a comment